Riset IDEAS: Beban Utang Pasca Pandemi Melejit Menembus RP 300 Triliun per Tahun

0
1

 

Peneliti IDEAS, Siti Nur Rosifah pada diskusi hasil riset #IDEASTalks bertajuk ‘Pandemi, Resesi dan RAPBN 2021 secara webinar di Jakarta, Kamis (27/8/2020)

JAKARTA – Institute For Demographic and Poverty Studies (IDEAS) dalam penelitiannya mengungkap beban utang pasca pandemi melejit menembus RP 300 triliun per tahun

Peneliti IDEAS, Siti Nur Rosifah mengatakan beban utang pasca pandemi melejit menembus RP 300 triliun per tahun, dengan pertumbuhan yang semakin cepat seiring kenaikan stok utang.


Hal ini dikarenakan kapasitas fiskal yang melemah, sehingga utang telah menjadi beban yang semakin menghimpit.


Dengan  seperempat penerimaan perpajakan habis hanya untuk membayar beban bunga utang saja, maka ruang fiskal yang tersisa menjadi sangat terbatas.

Sebelum pandemi beban utang berada di kisaran 17 persen dari penerimaan perpajakan dan melonjak menjadi 25 persen dari penerimaan pajak pada RAPBN 2021. Dengan  seperempat penerimaan perpajakan habis hanya untuk membayar beban bunga utang saja, maka ruang fiskal yang tersisa menjadi sangat terbatas. 

Bertahan dengan paradigma mainstream yang sangat pro-kreditor (investor) namun abai terhadap kondisi debitor, terutama kemampuan negara untuk melakukan stimulus fiskal dan perlindungan sosial kepada rakyat, terlihat menjadi amoral, terlebih di masa pandemic saat ini. (Nelis)